Pelayanan Adminduk di Seluruh Kecamatan Kab Pasuruan Belum Maksimal

BANGIL, Radar Bromo – Percepatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di sejumlah kecamatan wilayah Kabupaten Pasuruan, gagal terwujud dalam waktu dekat. Belum adanya peralatan yang memadai, menjadi penyebabnya.

Hingga saat ini layanan adminduk di kecamatan baru sebatas pencetakan KK (kartu keluarga). Sementara untuk layanan yang lain, seperti KTP elektronik (e-KTP), akta lahir, dan yang lain masih direalisasikan di kantor Dispendukcapil.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko menguraikan, layanan pencetakan adminduk memang diproyeksikan bisa direalisasikan di setiap kecamatan. Langkah ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain agar lebih cepat, tentunya memudahkan akses bagi pemohon dalam memperoleh layanan. “Tapi, kami belum bisa merealisasikannya saat ini. Karena baru pelayanan KK yang bisa dicetak di kecamatan,” kata Yudha.

Hal ini bukan tanpa alasan. Karena peralatan dan jaringan di setiap kecamatan, masih kurang, maka pelayanan di kecamatan belum bisa maksimal. Dibutuhkan penambahan sarana dan prasarana agar pelayanan yang ada bisa optimal.

Persoalannya, rencana penambahan prasarana itu masih menunggu anggaran. Ia mengancang-ancang, penganggarannya direalisasikan di P-APBD 2019. Seperti pengadaan jaringan ataupun scanner.

“Sampai sekarang, P-APBD kan belum (didok). Makanya, program pencetakan adminduk sepenuhnya di setiap kecamatan, belum bisa diwujudkan,” terangnya. (one/mie)