Rumah Warga Sumberasih Terbakar, Uang Rp 23 Juta-Motor Hangus    

SUMBERASIH, Radar BromoKebakaran di rumah Sutina, Selasa (3/9) pagi itu, benar-benar menjadi mimpi buruk. Tidak hanya rumahnya yang terbakar. Uang tunai senilai Rp 23 juta yang disimpannya juga terbakar.

Kebakaran itu sendiri terjadi pukul 10.00 di Dusun Sarean, Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Saat itu rumah sedang kosong. Sutina sedang bekerja di sawah.

Beruntung, api bisa dipadamkan dalam waktu setengah jam saja. Sehingga, tidak merembet ke rumah lain yang ada di dekatnya.

Mesti demikian, hampir semua isi rumah Sutina terbakar. Termasuk, uang tunai Rp 23 juta dan sebuah sepeda motor. Akibatnya, Sutina ditaksir menderita kerugian sekitar Rp 75 juta.

Menurut pengakuan Sutina pada tim Damkar, uang tunai Rp 23 juta itu disimpan di laci lemari yang ada di kamarnya. Yaitu di kamar tengah. Lemari di kamar itu memang terbakar, termasuk laci untuk menyimpan uang.

Komandan Regu B Damkar Barat Kabupaten Probolinggo Satuyan menduga, kebakaran itu disebabkan korsleting. Sebab, pada saat kejadian kondisi rumah sepi. Di rumah itu juga tidak ada aktivitas apa-apa.

“Pada saat kejadian, pemiliknya sedang ke sawah. Kondisi kompor dalam keadaan mati. Namun, ada sejumlah kabel di rumah yang gosong. Karena itu, kami menduga kebakaran terjadi akibat korsleting,” terangnya.

Tim Damkar sendiri langsung meluncur ke lokasi, begitu mendapat informasi kebakaran pada pukul 10.00. Tim Damkar pun langsung memadamkan api, begitu tiba di lokasi.

“Kami mendapat kabar kebakaran sekitar pukul 10.00.  Dengan satu unit truk damkar kami langsung meluncur ke lokasi. Tapi, akses jalan sangat sempit. Sehingga, truk tidak bisa masuk,” tambahnya.

Karena akses jalan yang sempit, proses pemadaman oleh tim Damkar juga dibantu warga sekitar. Warga gotong royong memadamkan api dengan alat seadanya. Mereka juga berusaha menyelamatkan barang-barang milik Sutina sebisa mungkin. Sekitar setengah jam kemudian, api berhasil dipadamkan. (rpd/hn)