Bisa Terbentuk Enam Fraksi di DPRD Kab Probolinggo

PAJARAKAN, Radar Bromo – Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2019-2024 mulai bekerja. Kini, mereka mulai membahas alat perlengkapan dewan (AKD). Salah satunya, pembentukan fraksi.

Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Probolinggo Slamet Riadi mengatakan, sampai Senin (2/9), fraksi belum terbentuk. Karenanya, pada hari pertama kerjanya, pihaknya membahas mengenai pembentukan fraksi. “Kami masih akan melakukan pembahasan,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah fraksi di DPRD Kabupaten Probolinggo diperkirakan ada enam. Meliputi, Fraksi Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, dan PDIP. Keenam partai ini memenuhi syarat untuk membentuk fraksi sendiri. “Hanya itu yang cukup. Yang lain tidak cukup untuk membentuk fraksi sendiri. Nanti pasti akan bergabung dengan partai lain,” ujarnya.

Salah satu syarat membentuk fraksi ini minimal anggotanya empat orang. Nah, enam partai tersebut sudah memenuhi syarat. Namun, ada salah satu anggota dewan yang harus bergabung. Yakni, dewan dari Partai Hanura. Sebab, pada periode ini Hanura hanya mendapatkan satu kursi. “Nanti terserah fraksi mana yang mau digabung. Entah itu ke kami PPP atau yang lainnya. Yang penting diterima oleh partai,” ujar Slamet. (sid/fun)