Pohon Tepi Jalan Nasional di Jalur Surabaya-Banyuwangi Rawan Tumbang

GEMPOL, Radar Bromo– Sejumlah pohon perindangan di tepi jalan nasional jurusan Surabaya-Banyuwangi, di Desa/Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, dikepras. Alasannya, sejumlah pohon yang menjulang tinggi itu rawan tumbang.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, Rabu (28/8), sekitar pukul 10.00, sejumlah petugas terlihat turun jalan. Mereka mengepras sejumlah pohon perindang di Jalan Nasional di Desa/Kecamatan Gempol. Pengerjaan ini dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya wilayah Gempol-Probolinggo.

“Kami kepras karena rawan tumbang. Selain itu, juga agar tidak membahayakan pengguna jalan dan bangunan lain di sekitar jalan,” ujar Kaur Tata Usaha BBPJN VIII wilayah Gempol-Probolinggo Warso.

Namun, Warso mengatakan, tidak semua pohon dikepras. Melainkan dipilih yang rantingnya sudah tinggi dan terlalu menjorok ke badan jalan. Mengingat, saat ini anginnya lumayan kencang. Serta, mengantisipasi datangnya musim hujan.

“Pengeprasan pohonnya berjalan mulai awal pekan ini sampai akhir bulan. Setelah di Gempol, selesai nanti geser ke Beji dan Bangil,” ujarnya. (zal/fun)