Komposisi Pimpinan DPRD Kab Pasuruan, Tinggal Tunggu Golkar  

BANGIL, Radar Bromo–Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pasuruan belum bisa terbentuk dalam waktu dekat. Pasalnya, hingga kemarin belum semua partai pemenang pileg menyodorkan nama yang diusung.

Ada empat partai yang berpeluang menduduki kursi pimpinan. Mereka adalah partai-partai pemenang dengan jumlah kursi dan suara terbanyak. Yakni, PKB yang dapat jatah kursi ketua DPRD dengan 15 kursi.

Sementara 3 kursi wakil ketua dewan jadi jatah 3 partai. Yakni,

PDI Perjuangan dengan delapan kursi; Gerindra dengan tujuh kursi. Sementara Golkar, ada enam kursi.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pasuruan Abdul Rouf menyampaikan, penentuan pimpinan definitif bisa dilakukan setelah empat partai pemilik suara terbanyak menyodorkan nama yang diusung. Sayangnya, hingga kemarin baru satu partai yang menyodorkan nama ke Sekretaris Dewan.

Satu-satunya partai yang dimaksud itu adalah PKB. Nama yang diusung adalah Sudiono Fauzan (ketua DPRD periode 2004-2009) untuk menduduki jabatan ketua. “Baru satu yang masuk suratnya yakni PKB. Sementara yang lain, masih belum,” jelas Rouf, sapaannya.

Ia menambahkan, PKB menyodorkan nama Sudiono Fauzan sebagai ketua sejak Rabu (28/8). Sementara yang lain, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Golkar belum sampai sekarang.

“Kami juga masih menunggu. Karena semakin cepat, tentunya akan semakin baik. Sehingga, pembentukan ketua dan wakil ketua definitif bisa direalisasikan,” sambungnya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan Zaini menguraikan, surat keputusan dari DPP sejatinya sudah turun. Berdasarkan SK tersebut, Andri Wahyudi yang tak lain merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan diberi mandat untuk menduduki kursi wakil ketua dewan.

“Hanya saja sebenarnya, tinggal menunggu penyerahan ke Sekwan. Dalam waktu dekat ini, penyerahan akan kami lakukan. Karena surat rekomendasi itu baru turun,” ungkapnya.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Pasuruan Rohani Siswanto menyampaikan hal yang tak jauh berbeda. Ia menyebutkan, kalau SK dari DPP Partai Gerindra atas siapa teka-teki yang bakal mengisi jatah kursi wakil ketua, sudah turun. Tinggal dalam waktu dekat ini akan disodorkan ke Sekwan.

“Sudah diputuskan. Berdasarkan SK DPP Partai Gerindra, Mas Rusdi Sutejo akan mengisi jatah kursi wakil ketua. Tinggal penyerahan SK itu yang masih akan dilakukan,” tandasnya.

Di sisi lain, Sekretaris DPD Partai Golkar Nik Sugiarti mengaku, kalau pihaknya masih menunggu surat keputusan dari DPP Partai Golkar. Pihaknya pun tak memastikan siapa yang akan mengisi kursi wakil ketua dewan jatah Golkar. “Pengajuannya sudah. Tinggal menunggu surat keputusan turun dari pusat,” jelasnya. (one/mie)