Hajian, Satu Caleg Terpilih Kota Pasuruan Tak Ikut Geladi Bersih

PASURUAN, Radar Bromo – Sebanyak 30 anggota DPRD Kota Pasuruan terpilih dipastikan dilantik Jumat (30/8). Geladi bersih pelantikan pun digelar Rabu (28/8) di Kantor DPRD Kota Pasuruan, Jalan Balaikota.

Mereka berasal dari sembilan partai politik yang lolos pada Pileg 2019 Kota Pasuruan. Rinciannya, delapan anggota dari PKB, tujuh anggota dari Partai Golkar, masing-masing tiga anggota dari Partai Hanura, Partai Gerindra, dan PKS.

Lalu, dua anggota masing-masing dari PDIP dan PAN. Serta masing-masing satu anggota dari Partai Nasdem dan PPP.

“Tujuan geladi bersih tentu agar anggota yang dilantik besok benar-benar siap. Sehingga, prosesi pelantikan berjalan khidmat,” kata Sekretaris Dewan Raden Murahanto.

Selama geladi, persiapan difokuskan pada prosesi pengambilan sumpah seluruh anggota dewan. Pengambilan sumpah itu akan dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan.

Sebelumnya, Sekwan akan membacakan SK Gubernur Jawa Timur. Dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Gubernur Jawa Timur oleh Wakil Wali Kota Pasuruan.

“Ini persiapan tahap akhir. InsyaAllah sudah sangat matang. Pelantikan siap digelar besok pukul 01.00,” beber Murahanto.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, tak seluruh anggota dewan terpilih mengikuti geladi bersih pelantikan. Satu orang absen. Yakni, R. Imam Joko Sih Nugroho yang berasal dari daerah pemilihan Kota Pasuruan 1 atau Panggungrejo.

Murahanto membenarkan ada seorang anggota dewan terpilih yang absen. Menurutnya, Imam tak bisa menghadiri geladi bersih pelantikan lantaran berhalangan.

“Pak Imam izin karena saat ini sedang menjalankan ibadah haji. Jadi, izin haji itu tak bisa dihalangi,” ungkap dia. (tom/hn/fun)