Blower PT HAI Kembali Berasap, Damkar Lakukan Pembasahan

GADINGREJO, Radar Bromo – Kepanikan kembali terjadi di pabrik kayu PT HAI (bukan PT Jati Alam seperti yang diberitakan sebelumnya), di Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Rabu (28/8) pagi, blower mesin gergaji kayu itu kembali mengeluarkan kepulan asap.

Sontak peristiwa ini membuat sejumlah karyawan panik. Mereka khawatir kepulan asap ini membesar dan kembali memunculkan api. Salah seorang karyawan, Endang lantas melaporkan hal ini pada Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pasuruan.

Peristiwa ini diketahui terjadi sekitar pukul 08.25. Tak lama usai menerima informasi, satu mobil unit damkar meluncur ke lokasi untuk melakukan pembasahan. Pembasahan dilakukan selama dua jam sejak pukul 08.30 hingga pukul 10.30.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan Catur Aldoko mengatakan, pembasahan dilakukan pada bagian bawah dan atas blower. Agar kepulan asap bisa padam.

Menurutnya, munculnya kepulan asap ini disebabkan karena panas yang timbul akibat digunakan dalam waktu lama saat produksi, Senin (26/8) dan Selasa (27/8). “Sebenarnya kepulan asap ini tidak terlalu membahayakan. Karena titik api sudah padam Selasa (27/8). Namun, kami tetap melakukan pembasahan hingga kepulan asap hilang,” ujar Catur.

Seperti diberitakan sebelumnya, kepanikan sempat terjadi di pabrik kayu PT HAI di Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Selasa (27/8). Blower mesin gergaji serbuk kayu milik pabrik ini terbakar. Diduga karena panas akibat digunakan terus-menerus. (riz/rud/fun)