Ajak Peran Aktif Masyarakat Kembangkan Wisata Kota Pasuruan

PURWOREJO, Radar Bromo – Pemkot terus berupaya mengembangkan pariwisata di daerahnya. Salah satunya dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kelompok ini melibatkan peran dari masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan Hardi Utoyo mengatakan, pengembangan wisata di Kota Pasuruan, terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan promosi secara terus menerus.

Promosi ini melibatkan Pokdarwis dari masyarakat. Mereka menyampaikan promosi pada masyarakat Kota Pasuruan, maupun tamu dari luar Pasuruan melalui daya tarik yang bisa ditawarkan pada pengunjung. “Kami ingin Kota Pasuruan tumbuh tidak hanya menjadi kota industri melalui logam dan mebel, namun juga melalui pariwisata yang tersedia,” ujarnya.

Hardi mencontohkan, wisata Pantai Tambakan yang kini dikembangkan Pemkot. Pihaknya sudah membentuk Pokdarwis dari masyarakat Kelurahan Tambakan, Kecamatan Gadingrejo. Pokdarwis ini dilibatkan dalam segalah hal.

Misalnya, mengajak peran aktif segala lapisan masyarakat untuk menambah daya tarik Pantai Tambaan. Dengan melakukan pembersihan sampah di laut bersama pemerintah dan warga. Kegiatan ini rutin dilakukan secara berkala setiap bulan.

Atau melakukan penanaman bibit mangrove bersama masyarakat, komunitas, dan intansi terkait. Aksi ini dimulai pada 2017. Saat ini pohon mangrove di Pantai Tambaan sudah seluas empat hektare sepanjang lima kilometer dengan total pohon 10.000 batang.

“Termasuk terus mengembangkan kreativitas masyarakat setempat. Dengan memberikan pelatihan berupa pembuatan oleh-oleh dan pemandu wisata,” ujar Hardi. (riz/rud/fun)