Lomba Foto Semipro Siapkan Hadiah Rp 7,5 Juta

KADEMANGAN, Radar Bromo – Lomba foto hasil kerja sama Disbudpar Kota Probolinggo dengan Jawa Pos Radar Bromo, mendapatkan sambutan positif para fotografer. Puluhan fotografer mendaftar untuk mengikuti lomba foto dalam rangka Semipro Kota Probolinggo 2019.

Sabtu (24/8), puluhan fotografer itu berkumpul di kantor Jawa Pos Radar Bromo di Jalan Soekarno-Hatta 98, Kota Probolinggo, mengikuti technical meeting dan registrasi ulang. Dalam lomba kali ini, para peserta diberi kebebasan untuk mengambil foto terbaik selama sepekan selama gelaran Semipro, mulai 31 Agustus sampai 7 September.

Ketua Panitia Lomba Foto Semipro 2019 Zainal Arifin mengatakan, pendaftaran sudah ditutup sejak 22 Agustus lalu. Sampai saat itu, ada 86 peserta yang mendaftar dan mengikuti technical meeting. “Mereka mempunyai waktu yang panjang untuk mencari foto terbaik,” ujarnya.

Namun, menurut Arif –panggilan akrab Zainal Arifin- pihaknya menitikberatkan pada kegiatan seni dan budaya. Sebab, dalam Semipro, akan banyak ditampilkan kesenian dan budaya daerah. Seperti, pawai budaya, karapan sapi brujul, dan kesenian jaran kepang. “Kami menitikberatkan pada seni dan budaya,” ujarnya.

Ada 86 peserta dari berbagai tingkatan yang menjadi peserta lomba ini. Mereka berasal dari berbagai tingkatan. Mulai fotografer pemula hingga profesional. “Ada beberapa orang dari pelajar. Juga ada yang memang sudah menjadi langganan setiap tahun pasti mengikuti,” ujarnya.

Selain dihadiri peserta, pertemuan juga dihadiri perwakilan juri. Yakni, dari Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI). “Rencananya tadi (24/8) Disbudpar juga akan hadir, namun terkendala sesuatu. Hanya menitip salam agar para peserta selalu mengikuti tata tertib perlombaan,” ujar fotografer senior Jawa Pos Radar Bromo, tersebut.

Dalam lomba ini, panitia telah mneyiapkan hadiah total Rp 7,5 juta. Panitia juga akan menunggu pengumpulan foto hasil jepretan para peserta sampai 7 September pukul 14.00 di kantor Jawa Pos Radar Bromo. “Kami harap peserta bisa mematuhi aturan perlombaan dan sejalan dengan tema yang telah ditentukan panitia,” ujarnya. (mg1/rud)