Sejumlah Titik Bahu Jalan Nasional Surabaya-Gempol Dicor

GEMPOL, Radar Bromo – Proyek rekonstruksi ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang di Kecamatan Gempol, kini terus dikebut. Sejauh ini, progresnya sudah mencapai 55 persen. Akhir November mendatang, proyek yang dibiayai APBN itu ditarget tuntas.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, proyek rekonstruksi jalan itu dilakukan dengan memberikan permukaan badan jalan dengan hotmix hingga dua lapis. Median jalan juga ikut ditinggikan

Tak hanya itu, di tepian juga dipasang boks untuk saluran air di tepi jalan. Serta, bahu jalan nasional setempat juga dicor atau rigit. Sehingga, ruas jalan menjadi lebih lebar.

“Ada pekerjaan pengerasan bahu jalan. Bila sebelumnya (bahu jalan) berupa tanah, kini telah dibersihkan lalu setelah itu dicor. Agar lebih kuat dan bisa dilewati kendaraan, utamanya motor,” jelas Daniel Richard, kaur Tata Usaha Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) VIII Surabaya.

Untuk peningkatan jalannya, ia menjelaskan, total sepanjang 8,2 kilometer berada di wilayah Kecamatan Gempol. Tapi, untuk pengerasan bahu jalannya dengan cor, hanya di beberapa titik saja.

Antara lain di Desa Kepulungan, Ngerong, dan Kejapanan. Semuanya berada di wilayah Kecamatan Gempol. “Sementara fokus di sisi sebelah barat dulu untuk pengerasan bahu jalannya. Nanti, sisi sebelah timur juga ada. Saat ini dalam penghitungan volume dan penentuan titik,” ungkapnya. (zal/mie)