Minibus Wisatawan dari Bali Tabrak Tebing Tol Gempol-Pandaan

GEMPOL, Radar Bromo – Sebuah minibus yang mengangkut rombongan wisatawan dari Bali, mengalami celaka di ruas jalan Tol Gempol–Pandaan (Gempan). Jumat (23/8), minibus jenis Isuzu Elf itu menabrak tembok tebing tol Gempan.

Awalnya, minibus Nopol N 7040 AB itu melaju dari arah utara ke selatan. Minibus dikemudikan Muhammad Nur Ramadani, 21, asal Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Di dalamnya ada 10 wisatawan dari Bali, hendak menuju ke Malang. Sekitar pukul 06.15, minibus sampai di KM 51.400 A, Desa Randupitu, Kecamatan Gempol.

Saat itulah, petaka terjadi. Ban minibus tiba-tiba selip. Saat posisi jalan belokan, minibus mengarah ke kiri dan menabrak tembok tebing.

Begitu menabrak tebing, minibus berhenti di tanah rerumputan pada tanah yang agak tinggi. Tingginya sekitar satu meter dari permukaan lajur.

Akibat kejadian ini, satu orang penumpang mengalami robek di pelipisnya. Sementara sopir dan sembilan penumpang lainnya selamat, tak mengalami luka-luka.

“Minibusnya mengalami selip ban. Sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal di ruas jalan tol Gempan,” ungkap Manager Lalin dan Aset PT Jasamarga Pandaan Tol Sumantri.

Sesaat setelah kejadian, penumpang yang luka-luka dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan sopir dan penumpang lainnya dievakuasi ke gerbang tol terdekat.

Adapun kerugian materiilnya dari pihak tol nihil. Hanya minibusnya saja, mengalami rusak di bemper depan dan belakang. Lalu, tiga bannya pecah. Kini, minibus diamankan di pos PJR Tol di Desa Legok, Kecamatan Gempol.

“Selain faktor selip ban, sopir minibusnya kurang hati-hati dan juga tak menguasai medan,” lanjut Sumantri. (zal/hn)