Satpol PP Butuh Tambahan 80 Personel Supaya Bisa Maksimal Bertugas

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Upaya Satpol PP untuk melakukan tindakan terhadap pelanggar perda di Kota Probolinggo, memang harus ditingkatkan. Hanya saja, kendalanya aalah jumlah personel Satpol PP yang sejauh ini terbilang belum ideal. OPD ini membutuhkan paling tidak 80 personil tambahan untuk mencapai jumlah personel yang ideal.

Hal ini diungkapkan Agus Efendi, kepala Satpol PP Kota Probolinggo dalam rapat Banggar Selasa malam (20/8). “Dengan luas Kota Probolinggo, idealnya jumlah personel Satpol PP ada 250 orang. Namun sampai saat ini hanya ada 170 personel,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan personel ini, Satpol PP berencana melakukan rekrutmen personel Satpol PP serta Pemadam Kebakaran. Namun rekrutmen ini tidak untuk masyarakat umum.

“Rekrutmen akan dilakukan pada PTT yang ada di lingkungan Pemkot Probolinggo. PTT yang ada di OPD-OPD saat ini,” ujarnya. Selain penambahan personel, Satpol PP juga berencana melakukan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) bagi personel Satpol PP baru.

Beberapa waktu lalu, Agus Efendi, mengungkapkan minimnya personel Satpol PP membuat kesulitan melakukan pengawasan. Terutama untuk beberapa ruas jalan seperti Cokroaminoto dan Mastrip yang kerap digunakan PKL buah sebagai tempat berjualan.

“Penempatan personel yang berjaga di Jalan Cokroaminoto sudah efektif untuk menertibkan PKL buah. Tapi tidak bisa kami teruskan karena kendala dengan jumlah personel,” ujar Agus Efendi saat itu. (put/fun)