Penerima PKH Tahap ke Empat di Kab Pasuruan Turun Jadi 92.111 KPM  

VERIFIKASI: Kegiatan Family Development System (FDS) dari pendamping PKH kepada KPM di Kraton beberapa waktu lalu. Di tahap ke empat, penerima PKH di Kabupaten Pasuruan menurun menjadi 92.111 KPM.

Related Post

BANGIL, Radar Bromo–Pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap empat atau terakhir di Kabupaten Pasuruan, bakal segera dilakukan. Pendamping PKH pun kembali lakukan verifikasi data keluarga penerima manfaat (KPM).

Dari hasil verifikasi itu, diketahui jumlah penerima PKH kembali menurun pada pencairan terakhir tahun ini. Tercatat penerima PKH tahap ke empat menjadi 92.111 KPM.

Hadi Prayitno, koordinator PKH Kabupaten Pasuruan mengatakan, setiap tahapan menjelang pencairan, dilakukan verifikasi ulang. Hal ini untuk pemutakhiran data bagi KPM yang menerima dana PKH.

“Jadi, tiap tahap data pasti berubah. Dan, trennya selalu turun, tidak hanya di Kabupaten Pasuruan, tapi juga se-Indonesia,” terangnya.

Untuk verifikasi data sendiri, sudah mulai dilakukan pada Juli lalu. Sehingga, Agustus ini sudah didapat data baru penerima PKH mencapai 92.111 KPM. Jumlah ini turun dari penerima PKH tahap ke tiga lalu sebesar 93.788 penerima.

Jika melihat penerima PKH sejak tahap satu lalu memang selalu terjadi penurunan. Tercatat penerima PKH tahap satu sebanyak 96.432 KPM. Di tahap ke dua turun menjadi 95.751 KPM.

Penurunan penerima PKH ini lantaran ada komponen yang sudah tidak ada. Seperti karena sudah pergantian tahun ajaran baru. Penerima yang anaknya lulus dipastikan tidak mendapatkan dana PKH lagi. Termasuk ada yang komponen lansia meninggal juga dicoret menjadi penerima PKH.

“Jadi, karena tidak ada komponen lagi, sehingga ada KPM yang dianggap tidak memenuhi syarat. Sehingga, tidak mendapatkan dana PKH lagi di tahap ke empat,” terangnya.

Sedangkan dari hasil verifikasi data terakhir ini, langsung dikirim ke Kementerian Sosial. Untuk pencairan tahap ke empat sendiri, dijadwalkan pada Oktober mendatang langsung ke rekening masing-masing penerima sesuai komponennya. (eka/mie)