Dewan Usul Tindak Pembeli supaya PKL Tak Balik Kucing

MARAK LAGI: PKL yang berjualan di Jalan Cokroaminoto. Supaya PKL tak berjualan lagi, dewan mengusulkan agar pembeli yang ketahuan, ditindak dengan diarahkan supaya membeli ke pedagang ke tempat yang telah disediakan. (Foto : Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo– Dewan di DPRD Kota Probolinggo, juga ikut menyoroti soal maraknya PKL di Jalan Cokroaminoto dan Mastrip. AgarPKL tak balik kucing dan seakan meremehkan petugas, dewan mengusulkan supaya tak hanya PKL-nya yang ditindak. Tapi juga pembeli yang datang ke PKL.

Hal ini diungkapkan oleh Agus Rianto, anggota dewan yang juga Banggar dari Fraksi PDIP. “Persoalan PKL di Mastrip dan Cokroaminoto ini tidak hanya soal pemindahan atau relokasi saja. Ini adalah persoalan akses pembeli  ke pedagang,” ujarnya saat ditemui Selasa (20/8) malam lalu.

Agus menjelaskan bahwa pembeli buah di PKL Mastrip itu, bukan membeli karena niat. Tapi karena melihat. “Kalau mereka memang niat beli pasti datangnya ke Pasar Buah Gotong Royong. Nah, masalahnya ketika PKL buah ini direlokasi ke tempat yang disiapkan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP). Apakah perilaku pembeli ini akan sama seperti saat masih jualan di pinggir jalan,” ujarnya.

“Jika tidak sama maka pasti PKL buah yang telah direlokasi itu akan balik lagi ke jalan,” tambahnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo ini mengusulkan kepada Satpol PP agar juga menindak pembeli yang membeli buah di PKL buah. “Kalau ada yang beli di PKL buah langsung disemprit saja dan diarahkan membeli di lokasi yang disiapkan. Akhinrya PKL-PKL ini akan masuk ke lokasi yang telah disiapkan,” ujarnya.

Sementara itu Gatot Wahyudi, kepala DKUPP Kota Probolinggo menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan lahan aset untuk digunakans ebagai tempat relokasi PKL di Jalan Mastrip. “Lokasinya tepat di sebelah selatan SPBU Mastrip dengan ukuran lahan 30 m x 60 m,” ujar Gatot.

Rencananya paling tidak minggu depan sudah dilakukan pembersihan lokasi untuk tempat relokasi PKL Buah mastrip dan Cokroaminoto. (put/fun)