Belum ada Petunjuk Teknis soal Penggunaan Kapal Cantrang

MAYANGAN, Radar Bromo– Dinas Perikanan Kota Probolinggo memastikan, sampai sata ini belum ada petunjuk teknis terkait izin kapal cantrang dari Pemprov Jawa Timur. Sehingga belum bisa dipastikan, apakah izin kapal cantrang bisa keluar atau tidak.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk dari Provinsi Jawa Timur terkait surat izin kapal cantrang,” ujar  Trilia Yuliana, Kabid Pengembangan usaha Perikanan, Dinas Perikanan Kota probolinggo Rabu lalu (14/8).

Trilia tidak membantah jika kabar di Jawa Tengah Gubernur telah mengeluarkan surat izin untuk kapal cantrang. Mengingat izin alat tangkap kapal cantrang, kewenangannya ada di Provinsi. “Di Jawa Tengah memang sudah keluar izinnya,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, atau saat kedatangan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke Kota Probolinggo dalam rangka pelaksanaan rangkaian Hari lIngkungan Hidup, sejumlah pemilik kapal nelayan cantrang melakukan aksi demonstrasi. Uniknya aksi demonstrasi ini dilakukan oleh Ibu-Ibu dengan tuntutan agar izin kapal cantrang segera dikeluarkan oleh Gubernur.

Saat itu perwakilan nelayan Cantrang membandingkan situasi yang berbeda terjadi di Jawa Tengah. Dimana Gubernur Jawa Tengah memberikan izin untuk kapal cantrang.

Saat itu Zainul Fatoni, Plt ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Probolinggo mengatakan, aksi damai itu spontan dilakukan pemilik kapal cantrang. “Tujuannya, untuk menyampaikan kepada Gubernur Jatim agar menerbitkan kembali SIPI kapal cantrang. Terutama untuk kapan di bawah 30 Gros Ton,” ujarnya.

Permintaan itu disampaikan karena daerah lain menurutnya sudah melakukan hal yang sama. Di Jawa Tengah, menurut Zainul, Gubernur telah mengeluarkan SIPI untuk kapal cantrang. Karena itu, pihaknya berharap hal yang sama juga dilakukan di Jawa Timur. (put/fun)