Nyambi Jadi Kurir SS, Kuli Bangunan asal Jatiarjo Prigen Dibekuk

BANGIL, Radar Bromo – Pendapatan yang tak menentu dari kuli bangunan, membuat Siswanto, 29, warga Cowek, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, memilih untuk mencari tambahan penghasilan. Sayang, usaha sampingan yang digelutinya salah.

Ia nyambi jadi kurir sabu-sabu. Tentu saja, bukannya penghasilan tambahan yang didapatnya. Yang ada, kini ia harus berurusan dengan hukum.

KBO Satreskoba Polres Pasuruan Iptu Agus Purnomo menguraikan, Siswanto ditangkap Rabu (14/8). Ia ditangkap di rumahnya sekitar pukul 05.00. Ketika itu, ia baru saja terjaga dari tidurnya.

Petugas yang sudah mengincarnya, kemudian menggerebeknya. “Hasilnya, kami mendapati sejumlah barang bukti. Ia hanya bisa pasrah, saat kami kemudian membawanya ke Mapolres Pasuruan,” kata Agus -sapaannya.

Barang bukti yang dimaksud, berupa dua kantong plastik berisi sabu-sabu. Masing-masing memiliki berat 0,83 gram dan 0,47 gram. Selain itu, petugas juga mengamankan dua buah pipet, sebuah simcard handphone serta dua bungkus rokok tempat menyimpan SS.

Menurut Agus, tersangka memang sudah lama mengenal sabu-sabu. Ia melakoni bisnis kurir SS setelah merasa pendapatan dari kuli bangunan tak mencukupi untuk kebutuhan dapur. “Ngakunya, untuk menambah penghasilan,” tambah dia.

Pengakuan itu diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan. Gara-gara ulahnya itulah, ia disangkakan melanggar pasal 114 jo pasal 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya, 10 tahun penjara. (one/mie)