Kebakaran Hutan di Lereng Arjuno, Diduga Kuat dari Perburuan Liar

PRIGEN, Radar Bromo – Kebakaran di lereng Gunung Arjuno, Blok Sawahan Kesek, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, diduga kuat dari ulah perburuan liar. Hal itu diketahui usai UPT Tahura R Soerdjo melakukan evaluasi.

Dari evaluasi diketahui, total hutan yang dilalap si jago merah mencapai sekitar 25 hektare. “Penyebab kebakaran hutannya karena ulah perburuan liar. Dari hasil evaluasi dan pengamatan di lapangan, petugas Pamhut temukan bekas perapian yang dibuat, kemudian ditinggalkan dalam kondisi hidup,” ungkap Kepala RPH 03 Tahura R. Soerdjo Wilayah Pasuruan Agus Budi Utomo.

Agus menyebut, saat ini area hutan Tahura masih rawan terbakar. Sebab, masih masuk kemarau plus angin yang berembus cukup kencang.

Agar kebakaran susulan tak terulang, pihak Tahura kini fokus lakukan pembersihan sisa-sisa bara api di tunggak kayu. Selain itu, patroli juga kian diintenskan.

Sepanjang 2019 ini, Agus menyebut, sudah terjadi 3 kali kebakaran hutan di wilayah Tahura R Soerjo. Yakni, dua kali di Prigen dan satu kali di Batu. (zal/mie)