Siapkan Perbaikan Jalan Rejoso-Winongan yang Rusak Imbas Proyek Tol

REJOSO, Radar Bromo – Kondisi jalan bergelombang di ruas jalan Rejoso hingga Winongan, dapat perhatian pemkab setempat. Akhir Agustus ini, ruas jalan setempat bakal direhab.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kondisi jalan tak nyaman Rejoso hingga Winongan itu terasa sebelum dan sesudah jalan overpass jalur tol Gempol-Pasuruan. Paling parah, kurang lebih sekitar 500 meter setelah dan sesudah overpass jalan tol.

Imbasnya, jika dilalui kendaraan khususnya roda dua, jalan menjadi licin. Sehingga, kendaraan yang melintas harus melambat dan berhati-hati agar tidak terjatuh.

M. Imron, 30, warga Gading, Winongan, yang rutin melewati jalur tersebut untuk bekerja berharap, memang segera ada perbaikan di jalur tersebut. “Karena ya bahaya. Khususnya, roda dua. Kalau gak hati-hati, bisa jatuh karena jalannya bergelombang dan licin,” terangnya.

Menurutnya, kerusakan jalan setempat terasa sejak dibangunnya jalur tol Gempas. Nah, saat proyek tol sudah tuntas, kerusakan jalan di sekitar overpass masih terjadi.

Hanung Widya Sasangka, kepala Dinas PU Bina Marga memastikan, perbaikan jalan di Rejoso–Winongan bakal mulai dilakukan akhir Agustus ini. “Setelah lelang selesai, secepatnya segera kami lakukan perbaikan jalan. Targetnya, akhir Agustus ini mulai pengerjaan,” terangnya.

Untuk anggaran perbaikan jalan itu, bakal diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebesar Rp 4 miliar. Angggaran tersebut untuk perbaikan jalan yang rusak terutama imbas dari pengerjaan jalan tol.

Untuk lama pengerjaan, diperkirakan mencapai 3-4 bulan. Sehingga, akhir tahun ruas jalan setempat sudah dipastikan selesai diperbaiki. (eka/mie)