Kerugian Material Akibat Kebakaran di Ruko Slagah Sekitar Rp 1 Miliar

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Kepolisian masih terus mendalami kasus kebakaran lima rumah toko (ruko) di Jalan Slagah, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan yang terjadi dua pekan lalu. Penyelidikan yang berlanjut hingga saat ini dilakukan guna mengetahui secara pasti jumlah kerugian total akibat kebakaran tersebut.

Kasatreskrim Polres Pasuruan Kota, AKP Slamet Santoso mengaku jika pihaknya telah menempuh serangkaian penyelidikan. Diantaranya dengan menggelar olah TKP lalu mengamankan sejumlah benda untuk dijadikan sampel. Kemudian juga meminta keterangan beberapa orang sebagai saksi.

“Penanganan perkaranya tetap berlanjut,” terang Slamet. Sejauh ini proses penghitungan kerugian material akibat kebakaran juga masih berlangsung. Proses itu memang membutuhkan waktu. Mengingat ada lima bangunan ruko yang terbakar. Masing-masing dimiliki oleh tiga pihak yang berbeda.

“Kepastian mengenai jumlah kerugian materialnya masih dalam proses. Akan tetapi dapat dipastikan cukup banyak. Dalam kisaran Rp 1 miliar kurang lebihnya,” jelas dia.

Selama proses penyelidikan berlangsung, garis polisi juga akan tetap terpasang mengelilingi lokasi kebakaran. Karena yang berhak melepas kembali garis polisi ialah aparat kepolisian itu sendiri.

“Akan dilepas jika penanganan perkaranya tuntas. Jadi selama masih dalam penyelidikan kami minta untuk tak dilepas,” ujarnya.

Kesimpulan sementara yang diambil kepolisian terkait dugaan penyebab kebakaran dikarenakan terjadinya korsleting listrik. Sumbernya dari gudang toko Untung Bersama milik Aliman Untung.

Dari sanalah api lekas membesar hingga akhirnya menjalar ke empat ruko lainnya. Dua ruko diantaranya juga milik toko Untung Bersama. Sedangkan dua lainnya merupakan ruko yang dijadikan toko yang menjual mainan anak-anak dan optik.

“Nanti akan diupayakan penyelesaian mediasi. Tentunya setelah diketahui kerugian masing-masing ruko. Dan yang mengganti kerugian tentu pemilik ruko yang menjadi sumber api,” pungkas dia. (tom/fun)