Apdesi Berharap Tidak Ada Kecurangan di Pilkades Serentak 2019

KREJENGAN, Radar Bromo – Pelaksanaan Pilkades serentak di 12 desa di Kabupaten Probolinggo rencananya akan digelar pada November 2019. Meski masih jauh, pelaksanaannya mendapatkan perhatian dari Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Probolinggo.

Apdesi meminta semua pihak yang terlihat dalam kontestasi ini menjunjung tinggi kejujuran. Serta, mengimbau seluruh perangkat desa bersikap netral. “Kami berharap ini bisa menjadi proses pembelajaran berdemokrasi bagi masyarakat desa,” ujar Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo Nurul Huda.

Pihaknya juga berharap tidak ada praktik kecurangan pada Pilkades. Seperti, praktik money politics. Sehingga, kegiatan itu bisa menghasilkan kepala desa yang terbaik. “Kami yakin jika proses yang dilakukan secara jujur dan adil, akan menghasilkan pemimpin yang bagus. Sehingga, bisa memajukan desa,” ujarnya.

Kepala Desa/Kecamatan Krejengan ini juga mengingatkan para perangkat desa. Menurutnya, sebagai perangkat desa sekaligus panitia dalam Pilkades agar bersikap netral. Meski mendukung salah satu calon, selayaknya dukungan itu tidak ditampakkan. Melainkan disimpan dalam hati. “Kembalikan semua kepada masyarakat untuk menentukan pilihan secara demokratis,” ujarnya.

Pihaknya berharap, para perangkat tidak secara langsung menjadi tim sukses. Juga tidak terlibat langsung dalam kepentingan calon. Sebab, hal itu sangat sensitif. “Harus bisa mengayomi masyarakat. Sehingga, tercipta suasana yang jujur, adil, aman, dan lancar,” ujarnya. (sid/fun)