Alang-Alang di Sebelah Kantor Kecamatan Gadingrejo Terbakar Bikin Panik

GADINGREJO, Radar Bromo – Kebakaran alang-alang kembali terjadi di Kota Pasuruan. Selasa (20/8), lahan yang dipenuhi giliran-alang alang di sisi barat kantor Kecamatan Gadingrejo, dilalap si jago merah. Syukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meski kebakaran tersebut sempat bikin panik lantaran terjadi di dekat kantor kecamatan.

Informasinya, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 12.15. Siang itu, salah seorang staf Kecamatan Gadingrejo, Yusuf melihat ada kepulan asap di sekitar alang alang dan semak belukar di lahan berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo.

Peristiwa ini pun langsung dilaporkan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan.

Tak lama kemudian, petugas BPBD tiba di lokasi dengan membawa satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) berukuran besar dan satu unit mobil kecil. Petugas berhasil memadamkan api sekitar pukul 12.45. Api tidak sampai membesar karena dapat segera tertangani.

Meski jauh dari rumah penduduk, namun kebakaran ini sempat menjadi perhatian. Maklum lokasinya berdekatan dengan kantor Kecamatan Gadingrejo dan jalur pantura.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kota Pasuruan, Catur Aldoko mengungkapkan kebakaran ini berasal dari putung rokok yang dibuang di sekitar alang alang. Karena cuaca yang panas, api pun dengan cepat menyebar dan membakar alang alang di sekitarnya.

“Ini peringatan bagi masyarakat untuk tidak membuang putung rokok ataupun membakar sampah sembarangan. Kalau tidak bisa berakibat fatal, apalagi saat ini sedang memasuki musim kemarau yang sangat panas,”terang Catur. (riz/fun)