Rencana Gelar Audiensi dengan Kementerian untuk Cari Solusi Pakan Ternak Mahal

DRINGU, Radar BromoMahalnya harga pakan lele pabrikan yang masih banyak dibeli oleh pembudidaya lele membuat Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) menyoroti persoalan ini. Saat ini DKP berupaya agar pembudidaya tidak merugi. Dalam waktu dekat akan melaksanakan audiensi yang dilakukan bersama pembuat pakan mandiri.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan ini bekerja sama dengan Direktorat Pakan Kementerian Perikanan dan Kelautan. Rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan ini,” ujar Kasi Produksi Perikanan Budidaya Asmiyati.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan di Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih sedianya akan diikuti oleh pembuat makan mandiri yang berasal dari seluruh Provinsi Jawa Timur. Pihaknya mengatakan bahwa ini merupakan momentum yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan terkait dengan mahalnya pakan lele yang ada di pasaran.

“Karena ada beberapa pembudidaya lele yang masih mengeluh dengan harga pakan lele. Tentu nanti akan kami sampaikan keluhan ini kepada pihak Kementerian,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dinas Perikanan dan Kelautan yang dilakukan untuk meningkatkan keuntungan hasil budidaya ikan lele dari segi penggunaan pakan. Minimal, mereka tak melulu membeli pakan ternak pabrikan yang harganya kian naik.

Saat ini masih banyak pembudidaya lele masih menggunakan pakan pabrikan yang beredar di pasaran. Namun ketika pakan pabrikan mengalami kenaikan harga, maka keuntungan hasil panen lele menjadi berkurang.

Maka dengan dilaksanakannya kegiatan ini Dinas Perikanan dan Kelautan berharap para produsen pakan lele mandiri yang ada, semakin berkembang dan mampu menyaingi produksi pakan pabrikan.

“Tentunya kami berharap setelah kegiatan ini dilaksanakan, produsen pakan mandiri dapat meningkat. Diharapkan pembudidaya lele beralih menggunakan pakan lele mandiri. Karena dari segi kualitas pakan tidak kalah dengan pakan pabrikan dan tentunya dapat meningkatkan keuntungan hasil panen,” jelasnya. (ar/fun)