Disporaparbud: Air Terjun Kalipedati Layak Dikembangkan

KRUCIL, Radar Bromo – Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, berencana mengembangkan wisata air terjun Kalipedati di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil. Dinas menilai, tempat ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Probolinggo.

MENUNJANG: Pemkab Probolinggo menilai, wisata Kalipedati layak untuk dikembangkan. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Sugeng Wiyanto, Kepala Disporaparbud setempat menjelaskan, pengembangan itu akan dilakukan dengan cara menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Melalui pokdarwis, nantinya pihak-pihak terkait bisa ikut dan berperan langsung dalam memajukan desa.

“Sebagai langkah awal, pengembangan yang akan kami lakukan yaitu meningkatkan SDM dari pada pokdarwis. Merekalah yang akan mengelolanya,” katanya.

Di samping peningakatan SDM, di lokasi yang diyaikini menjadi tempat pemandian Dewi Rengganis itu, juga butuh kelengkapan fasilitas. Semakin lengkap, maka wisatawan yang datang ke lokasi bisa nyaman.

“Saat ini fasilitasnya belum ada. Ini masih asli. Tapi kedepan nanti akan kami lengkapi fasilitas pendukungnya,” ungkapnya.

Untuk melengkapi fasilitas itu, pihaknya berencana akan mengajukan dana pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Sayang, ia tidak menyebut berapa anggaran yang akan diajukan.

“Nanti kami alokasikan. Tetapi, untuk anggarannya masih kami bahas dan akan kami hitung dulu,” terangnya.

Selain itu, ia juga meminta peran pemerintah desa. Ini agar pemerintah desa juga mengalokasikan anggaran dari dana desa. Sehingga, proses pengembangan destinasi wisata itu bisa cepat dilakukan.

“Tentunya juga komunikasi dengan pihak pemerintah desa. Agar juga bisa mengalokasikan kedana desa. Dengan begitu sinergi akan berjalan lebih cepat,” terangnya. (sid/fun)