Bakar Sampah Merembet ke Alang-alang di Sekitar Kraton Indah

GADINGREJO, Radar Bromo-Ketenangan warga Perumahan Kraton Indah, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo mendadak buyar Minggu petang lalu (19/8). Itu setelah lapangan lingkungan setempat yang dipenuhi alang-alang, terbakar. Syukur, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 16.55. Petang itu, ada salah seorang warga setempat yang melihat alang-alang di depan Perumahan Kraton Indah terbakar. Ia pun menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar) di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan.

Tak lama kemudian, petugas BPBD datang dengan membawa satu unit mobil damkar. Sejatinya, api belum terlalu membesar. Namun, kepulan asap dari alang yang terbakar ini cukup membumbung tinggi. Usai dilakukan proses pembasahan selama satu jam, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.55.

Namun, karena berdekatan dengan permukiman penduduk, sejumlah warga sempat panik. Mereka mencoba memadamkan dengan alat seadanya. Mulai dari timba maupun gayung.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko menyebutkan, kebakaran ini berasal dari api bekas bakar sampah dan merembet ke alang-alang.

“Cuaca yang panas dan kencangnya embusan angin membuat api merembet dan membakar alang-alang di lahan kosong tersebut. Namun, tidak sampai mengenai rumah penduduk. Sehingga, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil,” terang Catur. (riz/mie)