Anggaran Proyek IPAL Komunal di Enam Kelurahan Baru Cair 25 Persen

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Limbah cair yang dihasilkan dari rumah warga di sebagian kawasan Kota Pasuruan masih dibuang sembarangan. Karenanya, Pemkot Pasuruan berencana menambah instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal.

Pembangunan IPAL komunal itu dipastikan terealisasi tahun ini. Mengingat penyediaan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 terbuka lebar. Sejumlah titik yang akan dibangunkan IPAL komunal itu juga telah dipetakan sejak jauh-jauh hari.

“Rencananya, IPAL komunal ini akan dibangun di enam kelurahan. Sedangkan, IPAL komunal yang dibangun sebanyak 59 titik di enam kelurahan itu,” ujar Kabid Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Budi Santoso.

Ia merinci, enam kelurahan itu meliputi tiga kecamatan. Di Kecamatan Bugul Kidul, ada 11 unit untuk Kelurahan Tapaan, 9 unit di Kelurahan Bakalan, 10 unit di Kelurahan Kepel. Sedangkan, di Kecamatan Purworejo hanya di Kelurahan Sekargadung sebanyak 9 unit. “Lalu, di Kecamatan Gadingrejo, 10 unit masing-masing di Randusari dan Sebani,” ujar Budi.

Menurutnya, kapasitas maksimal setiap IPAL komunal sebenarnya bisa digunakan sampai 100 kepala keluarga (KK). Agar lebih terawat, pihaknya membatasi hanya untuk sekitar 50 KK.

Keberadaan IPAL komunal ini, kata Budi, dianggap penting agar limbah cair rumah tangga teratasi dengan baik. Sebab, selama ini cenderung dibuang sembarangan. Ada yang dibuang ke selokan maupun sungai. “Dampak buruknya tidak hanya pada lingkungan. Melainkan juga pada aspek kesehatan dan estetika,” ujarnya.

Untuk merealisasikan IPAL komunal di 59 titik itu, pemerintah harus menyediakan anggaran tak sedikit. Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 2.511.595.000. Namun, pembangunannya tidak bisa dilakukan bersamaan. Sebab, anggaran baru cair sekitar 25 persen. “Untuk tahap pertama sekitar tiga hingga empat titik yang dibangun. Pembangunannya swadaya masyarakat. Namun, tetap dalam pengawasan pemerintah,” ujar Budi. (tom/fun)