Gondol Motor Teman, Warga Kaltim Ditangkap

PANDAAN, Radar Bromo – Alasan Nur Cholis, 44, agar mendapat motor pinjaman terdengar cukup meyakinkan. Ia berhasil menipu temannya dengan dalih mertuanya di Kabupaten Banyuwangi, sedang sakit.

Pria asal Marang Kayu, Kutai Kartanegara, itu berhasil mengelabui Arif Junaidi, 33, warga Kemirisewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Mulanya, Cholis datang ke rumah Arif pada 30 Juli silam dan meminjam motornya. “Dengan alasan akan dipakai ke Banyuwangi selama dua hari untuk menjenguk mertuanya yang sedang sakit,” ujar Kapolsek Pandaan, AKP Jaka Winarno.

Setelah dua hari berselang, Cholis tak kunjung mengembalikan motor Arif. Beberapa hari kemudian, kasus itu dilaporkan ke polisi. Tim unit Reskrim Polsek Pandaan langsung menyelidikinya.

Jumat (16/8) lalu, Cholis ditangkap. Polisi juga mengamankan motor korban yang telah digadaikan pelaku. “Kami amankan pelakunya dan dikembangkan untuk menelusuri barang buktinya. Ternyata sudah digadaikan,” ujar Jaka.

Atas perbuatannya, kini Cholis harus mendekam di sel Mapolsek Pandaan. Polisi tengah menyelesaikan penyidikan atas kasusnya. Dia disangka melanggar pasal 378 dan 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan.

“Sebelumnya pelaku sempat juga membawa uang korban atas pembelian material sirtu sebesar Rp 10 juta. Jadi total kerugian korban seluruhnya dalam kasus ini mencapai Rp 25 juta,” ujar Jaka. (tom/rud)