Siapkan Bimtek setelah Panitia Pilkades di Desa Terbentuk

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, telah merampungkan pembentukan panitia pilkades serentak tingkat desa. Selanjutnya, Pemkab Probolinggo akan menyiapkan untuk bimbingan teknis (Bimtek) kepada para panitia di 12 desa tersebut.

Syamsul Huda, Plt Kepala PMD setempat mengatakan, pihaknya telah merampungkan pembentukan panitia pilkades tingkat desa. Selesainya pembentukan panitia itu sendiri dilakukan pada 13 Agustus lalu.

“Pembentukannya sudah selesai semua. Kan kami target tanggal 13 lalu harus  selesai, dan kini sudah selesai semua, ” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, sebenarnya pembentukan panitia tingkat desa diprediksi akan selesai pada awal Agustus lalu. Namun,  baru selesai di pertengahan bulan. “Ada beberapa kendala. Salah satunya yaitu karena Surat Keputusan atau SK BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang belum turun. Tetapi, ini sudah selesai semua tinggal tindak lanjutnya, ” tandasnya.

Syamsul menambahkan, selanjutnya pihaknya akan memberikan bimtek terhadap panitia yang telah dibentuk itu. Tujuannya, agar mereka bisa menjalankan tugas secara maksimal.

” Semuanya nanti akan mengikuti bimtek yang dilakukan oleh panitia Kabupaten,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya ada dua belas desa yang akan menjalakan pilkades serentak tahun ini. Kedua belas desa itu yakni Desa Clarak Kecamatan Leces, Desa Boto Kecamatan Lumbang, Desa Bulu dan Rondokuning Kecamatan Kraksaan, Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron, Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar, Desa Kedawung Kecamatan Kuripan, Desa Matekan, Krampilan dan Kecik Kecamatan Besuk serta Desa Jabung Sisir dan Petunjungan Kecamatan Paiton. (sid/fun)