Sambut HUT ke-74 RI, Polresta Probolinggo Gratiskan SIM, Ini Syaratnya  

MAYANGAN, Radar Bromo– Beragam cara dilakukan warga untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia. Polres Probolinggo Kota juga mengratiskan biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Namun, khusus warga yang lahir pada 17 Agustus dan bagi yang bernama Agus. Fasilitas ini akan diberikan sebulan selama Agustus.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, program ini akan dilakukan setiap tahun. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk syukur serta penghormatan terhadap para pahlawan yang memperjuangkan NKRI. “Program ini akan kami teruskan menjadi program tahunan,” ujarnya.

Alfian mengaku, juga akan memberikan langsung, jika ada pemohon yang berulang tahun pada hari Kemerdekaan RI. Dengan catatan, pemohon berhasil lulus tes uji teori dan praktik.

“Kami tidak mungkin memberikan SIM sembarangan. Jika memang tidak lolos ujian teori dan praktik, pemohon belum layak dapat SIM. Jika diberikan, secara tidak langsung kami memiliki beban moral ketika pemohon mengalami kecelakaan di jalan,” ujarnya.

Kesempatan ini diambil oleh Agus Purwoko, warga Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Dia langsung mendatangi Satpas Polres Probolinggo Kota mengurus SIM-nya yang mati. “Saya dapat kabar jika ada yang lahir tepat di hari kemerdekaan akan mendapatkan SIM gratis. Makanya saya ke sini untuk mengurusnya, kebetulan SIM saya mati,” ujarnya.

Usai menjalani tes praktik dan teori, Agus lulus. Dia pun berhak mendapatkan surat keterangan lulus ujian. Namun, SIM-nya belum jadi karena bahan bakunya kosong. (rpd/rud)