Polisi Bersama Nelayan Probolinggo Gelar Upacara di Kapal

MAYANGAN, Radar BromoUpacara menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74, dilakukan petugas dan warga di sejumlah tempat. Di Kota Probolinggo, Polairud Polres Probolinggo bersama Kapal Polisi (KP) Kutilang 5005 Mabes Polri dan nelayan menggelar upacara bendera, Jumat (16/8) sore.

Yang menarik, upacara itu dilakukan di atas KP Kutilang 5005 dengan dipimpin Kapten Kapal AKP Rusman. Usai upacara, seluruh peserta dan petugas upacara menyanyikan lagu kemerdekaan. Bersama itu pula mereka mengibarkan bendera merah putih di sejumlah kapal. Baik bendera yang dibawa oleh nelayan dan petugas.

AKP Rusman mengaku sangat bangga dengan nelayan di Mayangan. Rasa cinta mereka kepada tanah air sangat tinggi. Terbukti, para nelayan menyempatkan waktunya untuk ikut upacara bendera yang di atas kapal. Baik pemilik kapal kecil dan besar

KHIDMAT: Suasana upacara di atas kapal, kawasan Pelabuhan Probolinggo. (Zainal Arifin/ Radar Bromo)

 

“Saya berterima kasih banyak atas antusias masyarakat, terutama nelayan di Mayangan. Mereka dengan bangga mau mengikuti upacara bendera hingga akhir dengan khidmat,” bebernya.

Menurutnya, upacara yang dilakukan di Pelabuhan Pantai Mayangan itu bukan hanya simbolik. Melainkan, wujud syukur atas kemerdekaan RI. Serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI.

Hal senada diungkapkan Kasat Polairud AKP Slamet Prayitno. Menurutnya, upacara itu untuk mewariskan rasa cinta pada tanah air dan bangsa.

“Paling tidak dengan dilakukanya upacara ini, dapat meningkatkan jiwa NKRI kita. Serta, semangat yang diwariskan kepada kita harus tetap dijaga. Salah satunya yakni semangat untuk melayani dan mengayomi masyarakat. Sebab, itu salah satu tugas dari kepolisian,” pungkasnya. (rpd/hn)