Perbaikan Trotoar di Tyiga Titik Jalan Ditarget Tuntas sebelum Ganti Tahun

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Pembangunan jalur pedestrian di Jalan Pahlawan-dr Wahidin Sudirohusodo dan Sunan Ampel, terus dilakukan. Pemkot menargetkan pembangunannya rampung sebelum tahun anggaran 2019 berakhir.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, sejumlah pekerja tampak sibuk menggarap trotoar di sisi timur jalan. Trotoar lama di jalur protokol Kota Pasuruan ini sudah dibongkar sejak awal Agustus lalu. Kini, pekerja mulai membangun sesuai perencanaan.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan, proyek ini senilai Rp 2 miliar dari APBD 2019. Sesuai perencanaan, pembangunan jalur pedestrian ini untuk membenahi drainase.

“Yang diperbaiki sepanjang sisi sebelah timur. Pelaksaannya selama 90 hari kerja. Kami targetkan Oktober  mendatang sudah rampung,” ungkapnya.

Akung-sapaan akrabnya menjelaskan trotoar yang berada di sisi timur jalan ini juga akan diperlebar. Trotoar yang ada saat ini yang hanya memiliki lebar satu meter bakal dilebarkan menjadi dua meter. Trotoar ini bakal dibangun seperti di Jalan Pahlawan.

Selain itu, pihaknya bakal meningkatkan sistem drainasenya dengan menggunakan box culvert. Serta dibuat rendah. Sehingga, trotoarnya akan lebih representatif sebagai jalur pedestrian dan nyaman digunakan oleh pejalan kaki.

“Kami menerapkan konsep kota pusaka dalam pembangunan jalur pedestrian di Jalan Pahlawan-dr. Wahidin dan Sunan Ampel. Apalagi di lokasi ini berdekatan dengan Taman Pekuncen dan Taman Kota,”terang Akung. (riz/fun)