Komunitas Gowes Ini Gelar Upacara Unik di Bukit Raci

BANGIL, Radar Bromo – Peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 digelar dengan ragam berbeda. Pun begitu dengan khidmatnya upacara hari kemerdekaan yang jatuh Sabtu (17/8). Seperti sejumlah komunitas gowes di Pasuruan ini. Mereka menggelarnya dengan upacara di perbukitan Raci di Bangil.

Bergas dan Hospital Cycling Team (HCT) Pasuruan adalah nama komunitas ini. Mereka berangkat dari Pasuruan, untuk menuju perbukitan Raci, sejak pagi hari. Jumlahnya ada sekitar 50-an orang.

Setibanya di perbukitan Raci, mereka langsung baris layaknya orang yang hendak mengikuti upacara. Mereka tetap memakai sesi penghormatan terhadap bendera merah-putih, bendera bangsa Indonesia. Uniknya, tiang untuk bendera, mereka rakit dari sepeda yang sengaja dibalik dan dibalutkan dengan tiang kayu.

KHIDMAT: Suasana pelaksanaan upacara yang digelar Bergas dan HCT di perbukitan Raci, Sabtu (17/8) pagi. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos radar Bromo)

Menurut Agus Yulianto, koordinator upacara kemerdekaan di bukit Raci, upacara tersebut memang sengaja digelar. Sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan.

“Kami semua sudah janjian dan berangkat dari Pasuruan. Ini adalah bentuk rasa syukur dan untuk memperingati Dirgahayu RI ke 74,” beber Agus Yulianto.

Meski perbukitan Raci saat itu cukup terik, seluruh anggota Bergas dan Hospital Cycling Team, nampak bersemangat mengikuti upacara. (ube/fun)