Isi Bensin, Mobil Terbakar di SPBU, Pemilik Kabur saat Api Padam

LECES, Radar Bromo – Sebuah mobil terbakar di SPBU Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (17/8). Namun, pemilik mobil jenis Suzuki Carry Nopol P 332 QS itu, melarikan diri saat mobilnya terbakar.

Kebakaran itu terjadi pukul 12.30. Kapolsek Leces Iptu Achmad Gandi menjelaskan, saat itu korban yang tidak diketahui namnya, mengisi bensin Rp 200.000.

Saat kargo pengisian menjukkan angka Rp181.000 , pihak SPBU menghentikan pengisian. Sebab, tangki yang diisi sudah penuh.

“Tangki bensin sudah penuh, dan bensin berceceran. Karena itu, pengisian dihentikan. Lalu pihak SPBU meminta pemilik tidak menyalakan mobilnya di dekat pompa bensin. Itu sudah aturan. Pihak SPBU menyuruh pemiliknya mendorong mobil ke depan,” jelasnya.

Mobil pun didorong sejauh 10 meter dari pompa bensin. Kemudian, pemilik menghidupkan mesin. Seketika, muncul percikan api dari bagian tengah mobil. Api pun langsung membesar dan membakar mobil.

Diduga, percikan api terjadi lantaran korsleting yang dipicu oleh merembesnya bensin ke aki mobil.

“Mobil ini kan tipe lama. Aki dan tangki bensin, berdekatan,” ujar Kapolsek.

Saat itu juga, warga sekitar dan SPBU langsung memadamkan api. Tak lama kemudian, datang petugas Polsek dan Koramil Leces ke SPBU. Petugas juga ikut memadamkan api, termasuk Kapolsek Leces.

Sekitar setengah jam kemudian, api yang membakar mobil berhasil dipadamkan. Tepatnya, pukul 13.12.

Hadir, saksi mata asal Desa Polotan, Kecamatan Leces yang juga ikut memadamkan api menjelaskan, pemadaman dilakukan dengan cepat. Sehingga, sehingga api tidak menjalar ke pompa SPBU.

“Saya bersama warga yang lain ikut memadamkan api. Pemadaman menggunakan air dan abu yang ada di sekitar SPBU. Baru api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Begitu api padam, mobil yang masih berada di area SPBU, didorong oleh warga keluar dari SPBU. Kemudian, mobil dibasahi lagi oleh Damkar yang baru sampai di lokasi kejadian.

Kapolsek Leces Iptu Achmad Gandi saat dikonfirmasi belum bisa memastikan kerugian yang diderita pemilik mobil. Sementara itu, SPBU langsung ditutup setelah kebakaran.

Sayangnya, pemilik mobil kabur saat proses pemadaman dilakukan. Walaupun, pemilik sempat membantu pemadaman.

Kanit Reskrim Polsek Leces Bripka Ali Yunus menegaskan, pihaknya belum menemukan pemilik mobil yang terbakar hingga pukul 17.11.

“Yang jelas pemilik mobil ini korban. Karena kalau ada unsur kesengajaan untuk membakar SPBU, tidak seperti ini caranya,” ujarnya. (mg1/hn)