BPBD: Waspadai Gelombang Tinggi di Laut

PURWOREJO, Radar Bromo– Memasuki pertengahan Agustus, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan kembali meminta masyarakat di wilayah pesisir lebih berhati-hati. Sebab, ada fenomena sirkulasi angin yang mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko mengatakan, pola angin di Indonesia umumnya dari timur dan selatan memiliki kecepatan 4 sampai 25 knot. Kecepatan tertinggi terpantau di sejumlah perairan di timur Jawa.

Misalnya, di laut Jawa bagian timur, laut Flores, perairan Rote-Kupang, laut Banda. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. Ini, berlaku mulai Rabu (14/8) sampai Sabtu (17/8).

Catur merinci, tinggi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan laut Jawa Timur. Sementara, gelombang 2,5 sampai 4,0 meter berpeluang terjadi di laut Jawa bagian timur, perairan Pulau Bawean, perairan selatan Jawa Timur, dan Samudera Hindia selatan Jawa Timur. “Berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Jatim terdapat pola angin yang meningkat,”ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat memperhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran. Nelayan diimbau tidak berlayar saat tinggi gelombang di atas 1,25 meter, Kapal Ferry di atas 2,5 meter, dan Kapal Pesiar di atas 4,0 meter.

“Kami mohon masyarakan yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta pelayaran padat seperti laut Jawa agar tetap waspada,” ujar Catur. (riz/fun)