Bersihkan Jalan di 7 Kecamatan untuk Perawatan Sekaligus Pemeliharaan

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Pemerintah Daerah punya kewajiban untuk membenahi jalan kabupaten. Hal ini juga dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPURR) Kabupaten Probolinggo, yang memiliki program pemeliharaan jalan. Program ini sudah dilakukan di jalan yang ada di 7 kecamatan   yakni, Sumber, Leces, Kuripan, Bantaran, Sumberasih, Wonomerto, Lumbang.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga DPURR Kabupaten Probolinggo, Asrul Bustami, pemeliharaan jalan memang ditujukan agar pengendara melintas dengan aman dan nyaman. Pemeliharaan ini bisa perbaikan kecil seperti tambal sulam, maupun pembersihan jalan.

Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu di Wonomerto. Jalan kabupaten disana mengepras tepian jalan. Dimana tepi jalan dipenuhi akar pepohonan sehingga jalan menjadi sempit.

“Seperti akar kayu. Pengeprasan akar maupun pohon, tidak serta merta dilakukan. Meski berada di tanah milik negara, kami harus meminta izin dulu sama yang menanam,” ucap Maswan, 56,  selaku pemantau pekerjaan DPURR di salah satu unit kerja.

Petugas, kata Asman, juga mensterilkan jalan yang mengalami penyempitan akibat tanah yang bergeser. Biasanya disebabkan hujan sehingga bergeser ke bahu jalan maupun pohon akar pohon yang berada dipingir bahu jalan.

Sedangkan untuk  tanah yang lebih tinggi dari aspal, akan di keruk. Ini agar sewaktu hujan tidak menggenangi jalan. Hasil kerukan tanah akan dipakai untuk menambah tepian jalan yang bergelombang.

“Ketika salipan akan susah mau ke pinggir, soalnya kan ada rumput yang membentang ke jalan. Itu salah satu penyebab terjadi kecelakaan” ujarnya.

Dari hal tersebutlah, jalan perlu disterilkan. Dengan begitu, pengendara merasa aman dan nyaman bagi pengendara. “Banyak masyarakat yang senang dengan pekerjaan ini, karna jalan lebih bersih dan lebih luas,” ucapnya. (mg1/fun)