Bakar Sampah, Lahan Penampungan Limbah Pabrik di Pandaan Terbakar

PANDAAN, Radar Bromo – Kebakaran melanda sebuah lahan penampungan limbah pabrik plastik di Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan Sabtu  (17/8). Api bermula ketika ada pembakaran sampah di lokasi tersebut.

Beberapa saat kemudian api terus menjalar. Hingga membakar berbagai jenis sampah di sana. Paling banyak ialah sampah jenis plastik berupa pipa. Ada juga sampah bekas kaleng cat dan seng.

Hempasan angin membuat api terus berkobar. Asap tebal juga membubung di udara. “Kemungkinan karena banyak rumput kering jadi mudah terbakar,” ujar Sutaji Marmoyo, seorang warga yang ditemui di lokasi.

Dalam waktu 30 menit, sampah di lahan berukuran sekitar 60×35 meter itu ludes dimakan api. Tak lama kemudian, sebuah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Petugas Damkar langsung berjibaku menjinakkan api.

Lantaran lokasi lahan yang terbakar memanjang, petugas memadamkan api secara bertahap. Dimulai dari sisi timur lebih dulu. Berselang satu jam kemudian, kobaran api dipastikan benar-benar padam.

Untungnya lahan yang terbakar itu dikelilingi pagar tembok. Kemungkinan menjalarnya api ke bangunan pabrik juga terbilang minim. Sebab lahan berada di sisi selatan bangunan pabrik yang belum beroperasi itu. Jaraknya 15 meter. (tom/fun)