Nyambi Jadi Kurir SS, Buruh asal Karangjati Ditangkap

BANGIL, Radar Bromo-Perjalanan Sudirman, 40, warga Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, dalam menjalankan bisnis narkoba, berakhir di balik jeruji besi. Ia ditangkap anggota Satreskoba Polres Pasuruan setelah kedapatan tangan hendak mengantar sabu-sabu ke pelanggannya.

Lelaki yang menjadi buruh pabrik di wilayah Pandaan ini ditangkap polisi Selasa (13/8) petang. Saat itu ia mendapat order untuk mengantar barang ke pelanggannya.

Tersangka pun bergegas menuju tempat janjian. KBO Satreskoba Polres Pasuruan Iptu Agus Purnomo menyampaikan, rencana tersangka didengar anggotanya, yang kemudian bergerak melakukan penyelidikan.

Saat melakukan pengintaian di Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, petugas mendapati Sudirman berada di tepi jalan. “Begitu mendapati tersangka, petugas menyergapnya,” jelas Agus.

Petugas kemudian melakukan penggeledahan. Hasilnya, didapati sabu-sabu seberat 0,30 gram yang dibawa tersangka. “Kami menemukan serbuk kristal berupa sabu-sabu. Serta sebuah handphone yang di dalamnya berisikan transaksi narkoba,” sambungnya.

Atas temuan itulah, tersangka diamankan ke Mapolres Pasuruan untuk penyidikan. Kepada petugas, tersangka tak mengelak dengan apa yang dilakukannya.

Ia mengaku sudah beberapa bulan terakhir mengenal sabu-sabu. “Selain menjadi pemakai, tak jarang ia juga menjadi kurir sabu-sabu ketika ada pesanan,” tandasnya.

Akibat ulahnya itu, tersangka disangkakan melanggar pasal 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ia terancam hukuman 10 tahun penjara. (one/mie)