Usulkan Rp 300 Juta untuk Pelayanan di Kecamatan

LEBIH MERATA: Pelayanan adminduk di kantor Dispendukcapil. Saat ini, diupayakan pemerataan pelayanan di kecamatan-kecamatan. (Erri Kartika/Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Upaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan terus dilakukan. Saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan berencana menambah layanan di 18 kecamatan.

Anggaran sebesar Rp 300 juta diusulkan dalam anggaran Perubahan APBD (P-APBD) yang kini masih dibahas. Yudha Triwidya Sasongko, kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan mengatakan, saat ini untuk perekaman e-KTP memang sudah bisa di masing-masing kecamatan.

Namun, untuk pengambilan e-KTP, akta kelahiran, hingga kartu keluarga, selama ini masih dilakukan di masing-masing UPT di 6 kecamatan. “Jadi, warga kecamatan lain mengambil di lokasi terdekat. Misal di Beji ambilnya ke Bangil,” terangnya.

Sehingga, tahun ini Dispendukcapil berencana untuk 18 kecamatan lainnya bakal dijadikan pusat layanan Dispendukcapil juga. Sehingga, masyarakat bisa langsung mendapatkan layanan Dispendukcapil di tiap kecamatan.

“Kami berharap, usulan ini bisa masuk di Perubahan APBD. Sehingga, targetnya akhir tahun nanti, layanan Dispendukcapil sudah merata di semua kecamatan dan bisa lebih dekat diakses masyarakat,” harapnya. (eka/mie)