Rok Ibu Masuk Gir Motor saat Dibonceng, Balita Terlindas Truk di Tiris    

TIRIS, Radar Bromo– Sungguh tragis. Naila, balita berusia 2,5 tahun, terlindas truk setelah rok ibunya masuk ke gir dan roda motor. Balita itu pun langsung meninggal di lokasi kejadian.

Peristiwa itu terjadi Rabu (14/8), pukul 18.00, di Jalan Andungminian, Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Saat itu,  pasangan suami istri (pasutri) Mohammad Joso, 36 dan Suhairiyah, 31, berboncengan naik motor Honda Supra nopol P 5891 LZ.

Joso menyetir, sementara Suhairiyah dibonceng. Tidak sendirian, Suhairiyah menggendong anaknya, Naila. Mereka hendak pulang ke rumahnya di Desa Ranuagung,  RT 7/RW 2, Kecamatan Tiris.

Sesampainya di Jalan Andungminian, Desa Segaran, Joso mendahului truk bernopol N 8345 RG. Truk dikemudikan Madin, 47, warga Desa Tlogosari, RT 7/RW 3, Kecamatan Tiris.

Saat mendahului truk itulah, tanpa diketahui rok yang dipakai Suhairiyah masuk ke roda motor belakang. Dalam posisi mendahului, motor tersendat mendadak, begitu rok masuk ke roda motor.

Seketika, Joso tak bisa mengendalikan laju motornya. Motor pun jatuh ke kanan, termasuk Joso dan istrinya, Suhairiyah. Namun, Naila justru jatuh ke kiri.

Saat itulah, truk yang disopiri Madin, melintas di sisi kiri. Nahas, tubuh balita Naila terlindas ban belakang sebelah kanan dari truk. Akibatnya, Naila meninggal dunia di lokasi kejadian.

Petugas Polsek Tiris yang tiba sesaat setelah kecelakaan, langsung mengevakuasi tubuh Naila ke Puskesmas Tiris. Sementara motor dan truk diamankan di Mapolsek.

Kanit Laka Lantas Polres Probolinggo Ipda Nyoman Harayasa membenarkan kejadian tersebut. Setelah mendapatkan informasi dari Polsek Tiris, anggota Laka Lantas Polres Probolinggo segera datang ke lokasi. Anggota menurutnya, sampai di TKP pukul 19.30.

“Lokasinya agak jauh. Jadi, saat anggota sampai di lokasi, korban sudah berada di puskemas. Sementara motor dan truk diamankan di Polsek Tiris,” ujarnya.

Nyoman menduga, kecelakaan terjadi karena kurang hati-hatinya pengendara motor. Sehingga, rok yang dipakai masuk ke roda motor. Hal itu menyebabkan tidak stabilnya motor yang sedang dikendarai dan akhirnya, motor hilang kendali.

“Pengendara motor sebaiknya memperhatikan keselamatan. Apalagi kalau membonceng balita atau anak-anak, wajib lebih berhati-hati agar kejadian seperti ini tidak terulang,” paparnya. (ar/hn)