Ciduk 4 Anjal di Jalanan Ranggeh saat Ngamen

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Keberadaan anak jalanan (anjal) di Kabupaten Pasuruan jadi perhatian Satpol PP setempat. Rabu (14/8), empat anjal diamankan petugas penegak perda dari jalanan sekitar Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan.

Keempat anjal tersebut diamankan saat sedang ngamen. Mereka lantas dibawa untuk diamankan di Rumah Singgah Bina Hati, Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan.

Ajar Dollar, kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan mengatakan, keberadaan Anjal itu, terkadang ada, terkadang sembunyi. “Saat kami patroli, kami melihat ada anjal yang posisi ngamen di sekitar Pasar Ranggeh, Gondangwetan. Saat itu langsung diamankan oleh petugas Satpol PP,” terangnya.

Dari 4 anjal yang diamankan itu, 2 di antaranya lelaki, 2 lagi adalah perempuan. Mereka diamankan sekitar pukul 09.00.

Wahyu Widodo, kasi Pelayanan Rehabilitas Sosial Dinsos Kabupaten Pasuruan mengatakan, saat dibawa ke Rumah Singgah. Kondisi anjal memang sudah lusuh, pakaiannya kotor dan terlihat sudah tidak mandi selama berhari-hari.

“Mengakunya dari Bali dan turun di Pasuruan. Dari kondisinya, terlihat lusuh. Sehingga, langsung kami assessment,” terangnya.

Dari 4 anjal yang diamankan, usianya antara 14-21 tahun. Mereka berasal dari Beji, Pasrepan, dan Winongan. Sedangkan 1 anjal dari Tanggulangin, Sidoarjo.

Selain dilakukan assessment, juga dilakukan pembersihkan badan sampai pendekatan psikologi kepada para anjal. “Kami panggil orang tua juga dan bahkan di tingkat kecamatan. Apalagi, ada anjal yang masih usia 14 dan 15 tahun, tapi malah dijalanan. Harusnya kan masih usia sekolah,” terangnya. “Harapannya, dengan memanggil orang tua, maka ada perhatian lebih agar anak tidak lagi turun di jalanan,” imbuhnya. (eka/mie)