Wacanakan Perpustakaan Sekargadung Jadi Wisata Keluarga

PURWOREJO, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan terus berupaya meningkatkan animo masyarakat untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo. Karenanya, Pemkot berencana menjadikan Perpusda Sekargadung sebagai destinasi wisata keluarga.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan Evawati mengatakan, pihaknya memiliki keinginan agar Perpusda bisa menjadi wisata keluarga. Keinginan ini sudah disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Kami sudah menyampaikan ke DLH. Kami ingin agar taman di Perpusda diperbanyak, sehingga bisa menjadi jujukan wisata keluarga,” ujarnya.

Eva mengatakan, fasilitas yang tersedia di Perpusda sudah cukup layak untuk menjadi wisata keluarga. Di Perpusda ada sarana flying fox serta bangku taman yang disusun di depan ruang utama. Termasuk fasilitas panahan.

Selain itu, di belakang Perpusda juga ada kolam renang. Saat ini memang belum berfungsi, namun jika wisata keluarga dapat terwujud, DPA hanya tinggal mengisi kolam renang ini. Selain itu, halaman depan ruang utama Perpusda yang cukup luas dan bisa dijadikan sebagai tempat kemah.

Harapannya, hal ini bisa membuat Perpusda Sekargadung semakin dikenal masyarakat. Sehingga, bisa berdampak pada jumlah kunjungan. Sejauh ini, kendala yang dihadapi masih cukup minim yang mengetahui keberadaan Perpusda ini.

“Perpusda ini kan baru difungsikan awal 2018 lalu. Dengan adanya wisata keluarga, bisa membuat masyarakat datang dan mengenal Perpusda,” ujar Eva. (riz/fun)