Terus Kaji Pembangunan BLK di Kota Pasuruan

PURWOREJO, Radar Bromo – Rencana Pemkot Pasuruan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) masih terus dikaji. Hasil kajian ini diharapkan bisa menjadi dasar dari rencana pembangunan BLK.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbangda) Kota Pasuruan Adri Joko Srijono mengatakan, keinginan membangun BLK terus berlanjut. Kajiannya masih terus dilakukan. “Kami masih terus mengkaji terkait perlu tidaknya BLK di Kota Pasuruan. Kajian ini juga untuk membahas konsep dan teknis BLK itu sendiri nantinya seperti apa,” ujarnya.

Joko menjelaskan, keinginan membangun BLK ini bukannya tanpa alasan. Ini, atas permintaan sejumlah pihak sebagai salah satu solusi upaya penanganan masalah pengangguran di Kota Pasuruan. Dengan begitu, masyarakat dapat terakomodasi.

Sejauh ini Pemkot Pasuruan belum memiliki BLK. Sejauh ini, pelatihan yang dilakukan Pemkot Pasuruan terhadap warga yang belum bekerja dilakukan di gedung Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). “BLK ini diharapkan jadi solusi bagi masyarakat usia produktif antara 20 sampai 40 tahun yang belum bekerja untuk meningkatkan skill-nya melalui pelatihan,” ujar Joko. (riz/fun)