Proyek Rehab Tiga Pasar Mulai Digarap, Ditarget Tuntas November

KRAKSAAN, Radar Bromo – Rehabilitasi tiga pasar di Kabupaten Probolinggo telah mulai dikerjakan. Pengerjaan proyek fisik tersebut dilakukan setelah lelang proyek tersebut selesai. Ketiga pasar itu ditargetkan selesai pada bulan November mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Mahbub Junaidi mengatakan, pengerjaan ketiga pasar itu sempat dilakukan pada tanggal 18 Juli lalu. Setelah proses lelang selesai, kemudian dilanjutkan pada pengerjaan fisik.

“Untuk lelangnya selesai. Ini dilanjut pengerjaan proges fisik di tiga pasar. Yaitu Pasar Lumbang, Besuk dan pasar Bucor di Pakuniran,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/8) siang.

Menurutnya, semua pembangunan fisik ketiga pasar itu ditarget pada bulan November. Hanya saja ketiga pasar itu selesainya beda tanggal. Untuk Pasar Lumbang ditarget selesai pada 14 November, Pasar Besuk ditarget 7 November dan pasar Bucor pada 14 November. “Untuk Lumbang dan Pasar Bucor targetnya 120 hari. Sedangkan untuk pasar Besuk hanya sekitar 112 hari,” terangnya.

Dengan mulai digarapnya proses rehabilitasi pasar itu, tentu pihak dinas telah menyiapkan relokasi sementara pada pedagang. Menurut pria yang akrab disapa Mahbub itu, untuk pasar Lumbang, relokasi sementara berada di sebelah utara pasar. Sedangkan Pasar Besuk masih di sekitar pasar. Dan untuk pasar Bucor, di depan atau di halaman pasar.

“Tentunya telah kami siapkan. Sehingga mereka masih bisa berjualan meskipun pasar utama kami rehab,” tandasnya.

Sementara itu, untuk pasar sore Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, tahun ini tidak dilakukan rehab. Menurut dinas, tahun ini hanya perencanaan saja. Pembangunan fisik dilakukan pada tahun depan.

“Tahun depan pembangunannya. Bukan karena gagal lelang. Tetapi, untuk tahun ini memang hanya perencanaan saja,” tandasnya. (sid/fun)