Oktober Mulai Realisasikan Percantik 2 Hutan Kota di Bangil

BANGIL, Radar Bromo – Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Pasuruan berencana mempercantik dua hutan kota di Bangil. Namun, hingga pertengahan Agustus, pembenahan dua hutan kota itu belum juga direalisasikan.

Padahal, pengerjaan hutan kota tersebut tanpa melalui proses lelang. Karena anggarannya, masing-masing Rp 200 juta. Sehingga, pekerjaannya sudah bisa dilakukan segera.

Menurut Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi, peningkatan sarana dan prasaran hutan kota memang akan dilakukan tahun ini. Dua hutan kota itu yakni Hutan Kota Kalirejo dan Hutan Kota Pogar.

Pemkab telah mengalokasikan dana hingga Rp 400 juta untuk pembenahan dua hutan kota tersebut. Hanya saja, pelaksanaannya memang belum dilakukan. Karena masih dalam proses perencanaan. “Belum dikerjakan karena masih dalam proses perencanaan,” kata Indra.

Ia menambahkan, pembenahan dua hutan kota itu ada beberapa pengerjaan. Selain penambahan sarana bermain, juga ada tamanisasi agar memperindah kawasan setempat.

Hal ini yang juga mempengaruhi pelaksanaannya. Karena untuk tanaman, masih menunggu musim berganti. “Untuk tanaman-tanaman yang kami tanam nantinya, paling tidak awal-awal musim hujan direalisasikan. Karena kalau musim kemarau seperti sekarang ini, dikhawatirkan malah mati,” ulasnya.

Hal itulah, yang membuat dua hutan kota tersebut belum direalisasikan hingga sekarang. “Estimasi kami, Oktober akan direalisasikan,” jelasnya. (one/mie)