Larang Latihan Baris-Berbaris di Jalan Nasional

KADEMANGAN, Radar Bromo – Menjelang Agustusan, Satlantas Polres Probolinggo Kota mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan jalan nasional untuk latihan baris-berbaris. Selain mengganggu arus lalu lintas, juga berisiko membahayakan peserta baris-berbaris.

“Untuk jalan nasional tidak boleh digunakan untuk latihan baris-berbaris. Di jalan nasional melintas kendaraan besar, seperti truk dan bus yang dikhawatirkan akan berisiko bagi peserta latihan baris. Boleh digunakan hanya untuk melintas saja. Misalnya untuk menyeberang,” ujar Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Tavip Haryanto (13/8).

Mantan Kapolsek Tongas ini mengaku, pihaknya sudah menyosialisasikan tentang peraturan lalu lintas menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI. Termasuk ketika melakukan latihan baris-berbaris. “Bisa menggunakan jalan raya untuk latihan, tapi hanya separo jalan saja. Misalnya, di Jalan Hayam Wuruk, bisa digunakan latihan berbaris separo jalan,” ujarnya.

Dengan penggunaan Separo jalan, maka pengguna jalan masih bisa leluasa melintas. Selain itu, Tavip meminta pihak-pihak yang melakukan kegiatan latihan berbaris, juga menyiapkan seorang pengawal rombongan latihan. “Sehingga, bisa mengawasi arus lalu lintas dan mengawal kegiatan latihan,” ujarnya. (put/rud)