1.000 Kuota untuk Asuransi Ternak Puspo-Lumbang

PASURUAN, Radar Bromo – Tahun ini tidak hanya sapi perah di Kecamatan Tutur dan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, yang diberikan asuransi ternak. Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan juga mengalokasikan 1.000 kuota asuransi ternak untuk sapi perah di Kecamatan Puspo dan Lumbang.

Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan Irianto melalui Kabid Usaha Peternakan Hari Mulyono mengatakan, Kabupaten Pasuruan mendapatkan 6.000 kuota asuransi ternak dari Kementerian Pertanian.

“Sebenarnya dari kuota tahun lalu ada penurunan. Jika tahun lalu ada 7.000 kuota, tahun ini 6.000 kuota. Ini karena dari pusat memberikan kuota di Jawa Timur sebanyak 15.000 kuota dan dibagikan di kota dan kabupaten se-Jawa Timur,” ujarnya.

Hari mengatakan, tahun ini kuota asuransi ternak yang besar masih diberikan kepada peternak di Kecamatan Tutur dan Purwodadi. Masing-masing kecamatan ini mendapatkan jatah 2.500 kuota. “Namun, Puspo dan Lumbang kan juga lumbung sapi perah, sehingga tahun ini kami juga berikan masing-masing 500 kuota,” ujarnya.

Karena baru mendapatkan kuota asuransi, pihaknya menyosialisasikannya di Kecamatan Puspo dan Lumbang. Targetnya, kuota 1.000 asuransi ini dapat terserap pada triwulan ke tiga. Dalam asuransi ini, preminya disubsidi pemerintah. Dari premi Rp 200 ribu per tahun, setiap peternak hanya membayar Rp 40 ribu. (eka/fun)