Tali Muatan Lepas, Truk Muat Katul Terguling di Purwodadi

PURWODADI, Radar Bromo – Arus lalu lintas di ruas jalan nasional jurusan Malang–Surabaya, Selasa siang (13/8) sempat mengalami kemacetan lumayan panjang. Kemacetan itu diakibatkan adanya kecelakaan di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi.

Kecelakaan itu dialami sebuah truk muatan katul truk engkel nopol L 8013 HA, yang terguling  disana. Kemacetan bahkan terjadi mulai sekitar pukul 13.00 hingga jelang sore.

Informasinya, truk muatan katul yang terguling di lajur cepat atau kanan tersebut, dikemudikan Mokhamad Sa’I, 36, warga Dusun Karangploso, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol.    Saat itu, truk perjalanan dari Malang menuju Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Sesampainya di ruas jalan tersebut atau TKP, tiba-tiba oleng dan akhirnya terguling hingga muatannya sebagian tumpah ke jalan. “Informasi dari saksi dan juga keterangan sopirnya, awalnya ada tali muatan yang lepas. Kemudian kendaraannya oleng dan truknya pun akhirnya terguling,” ungkap Kaposlantas Purwodadi Aiptu Joko Suseno.

Saat kejadian berlangsung, sopir seorang diri tanpa ditemani kernet. Sopir berhasil keluar dari ruang kemudi truk, sehingga berhasil selamat dan hanya mengalami luka sedikit lecet-lecet ditangan serta kakinya.

“Muatan truknya terlalu tinggi, dan talinya kurang kuat untuk mengikat. Menjadi penyebab laka lantas tunggal ini. Untuk sopirnya selamat, sebaliknya hanya menimbulkan kerugian materiil saja,” beber kaposlantas.

Sekitar pukul 14.30 sore, arus lalin kembali lancar diruas jalan nasional ini. Dari arah selatan ke utara, atau Malang ke Surabaya. Bersamaan selesainya evakuasi truk beserta muatannya, dengan bantuan truk derek yang didatangkan ke TKP. (zal/fun)