Diusulkan Naik, Honor Perawat Dokter Ponkesdes Masih di Bawah UMK 2019

BANGIL, Radar Bromo – Ini kabar menyenangkan bagi perawat dan dokter non-PNS yang bertugas di Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) di Kabupaten Pasuruan. Sebab, tahun depan honor mereka diusulkan mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut, dimaksudkan untuk mendorong peningkatkan kesejahteraan pegawai non-ASN tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agung Basuki menyampaikan, ada setidaknya 85 perawat non-ASN yang bekerja di Ponkesdes.

Mereka setiap bulannya, mendapatkan honor Rp 1,9 juta per orangnya. Jumlah tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan, Rp 500 ribu per orang untuk setiap bulannya. Sementara Rp 1,4 juta, bersumber dari support anggaran Provinsi Jatim.

“Kami rencanakan, tahun 2020 honor mereka bisa naik,” kata Agung saat hearing dengan Banggar DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (12/8).

Besarnya kenaikan honor yang direncanakan, mencapai Rp 500 ribu. Dengan begitu, support dari pemerintah daerah, senilai Rp 1 juta untuk setiap orang per bulannya. Sehingga, setiap bulan, mereka bisa memperoleh honor Rp 2,4 juta per orang.

Kenaikan tersebut bukan hanya diberlakukan untuk perawat non-ASN. Sebab, dokter-dokter pun juga akan dinaikkan honornya. Setidaknya ada lima dokter non-ASN yang mendapat sokongan tambahan honor itu.

Besarannya, Rp 500 ribu per bulannya. “Sekarang, mereka memperoleh honor Rp 2,5 juta. Sehingga, mulai tahun depan, bisa mendapatkan Rp 3 juta per bulan untuk setiap orangnya,” ulasnya.

Meski sudah diusulkan naik tahun depan, namun honor untuk perawat dan dokter non-PNS di Ponkesdes itu masih berada di bawah upah minimum kabupaten (UMK) tahun 2019. Diketahui, UMK tahun 2019 Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 3.861.518.

Anggota Banggar Kabupaten Pasuruan Kasiman menilai, kenaikan honor tersebut perlu dilakukan. Karena sudah menjadi program dari Pemprov Jatim agar daerah menaikkan honor perawat maupun dokter di Ponkesdes. “Itu, sudah menjadi instruksi dari Gubernur Jatim. Jadi, memang harus direalisasikan,” jelasnya. (one/mie)