Dua Kepala Keluarga Ikut Program Transmigrasi ke Sulawesi Selatan

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Dua Keluarga Kabupaten Probolinggo tahun ini akan mengikuti program transmigrasi. Rencanya dua keluarga tersebut akan dikirim ke Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Mereka akan menetap disana dan menjadi warga daerah tersebut.

Dua keluarga yang akan di kirim tersebut yaitu berasal dari Kecamatan Sumberasih dan Kecamatan Gading. Di lokasi tujuan, mereka akan menempati rumah fasilitas lemerintah. Tidak hanya rumah, mereka juga akan diberikan failitas tanah hak guna sebesar dua hektare lahan.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Ketransmigrasian dan Perluasan Kesempatan Kerja Mujito mengatakan, sebelum mereka dikirim ke lokasi transmigrasi, mereka sudah mendapatkan pembekalan yang dilaksanakan 23-27 Juli lalu. Pembekalan itu dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Jogjakarta.

“Mereka ini sudah siap. Jadi tidak ujuk-ujuk datang kesana dan kemudian menetap disana. Tetapi, mereka dibekali dengan keterampilan keterampilan,” ujarnya.

Untuk pemberangkatan dua keluarga tersebut, pihaknya mengaku masih menunggu dari kementerian tenaga kerja dan transmigrasi (Kemenakertrans). Pasalnya, yang memberangjatkan mereka bukanlah pemerintah daerah. Tetapi adalah oemerintah pusat.

“Kami hanya memfasilitasi. Untuk pemberangkatan, penentuan tempat dan lain lain adalah pemerintah pusat,” ungkapnya.

Program tersebut merupakan program pengurangan penduduk. Selain itu, juga untuk meningkatian kesejahteraan para transmigrasi ditempat baru.

“Yang penting yang bersangkutan ada kemauan tinggi. Juga tekad yang kuat untuk megelola lahan yang sudah disiapkan oleh Pemerintah,” katanya. (sid/fun)