Pantau Potensi Bencana di Probolinggo lewat Aplikasi

KEDOPOK, Radar Bromo – Kota Probolinggo, belum bisa aman dari potensi bencana. Termasuk bencana gempa bumi dan banjir. Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo, meminta warga tetap waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo Pridjo Djatmiko mengatakan, adanya potensi bencana ini bisa dipantau melalui aplikasi teknologi yang disediakan Badan Nasional Peanggulangan Bencana (BNPB). Salah satunya INArisk. Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai wilayah di Indonesia. “Misalnya kita berada di Kecamatan Kedopok, bisa diketahui potensi bencana apa yang ada di Kedopok,” ujarnya.

Dari aplikasi INArisk tercantum, di Kecamatan Kedopok berpotensi terjadi bencana banjir tingkat sedang. Ada juga potensi gempa bumi, namun dalam tingkat rendah. “Di sana juga tercantum apa yang harus dilakukan warga jika terjadi banjir. Misalnya, sebelum banjir terjadi bisa memperhatikan ketinggian rumah dan meninggikan panel listrik. Termasuk informasi apa yang harus dilakukan jika terjadi banjir di daerah masing-masing,” ujarnya.

Pridjo tidak membantah jika wilayah Kedopok, berpotensi banjir. Terutama di dekat sungai yang ada di Jalan Prof. Dr. Hamka. “Potensi banjir karena lahar dingin di wilayah Kedopok,” ujarnya. Selama ada jangkauan sinyal ponsel, INARisk bisa dimanfaatkan di berbagai tempat untuk mendapatkan informasi potensi bencana. (put/rud)