Hindari Macet, Rekonstruksi Jembatan Petung Digarap Malam Hari

BUGULKIDUL, Radar Bromo – Keinginan pengendara agar dapat melintas dengan nyaman di Jembatan Petung, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan, terwujud. Pemprov Jawa Timur memenuhi janjinya memperbaiki jembatan di jalur lingkar selatan Kota Pasuruan itu.

Rekonstruksi jembatan nasional ini dilakukan Rabu (7/8). Agar tidak mengganggu arus lalu lintas, pengerjaan dilakukan malam hari saat kondisi jembatan lengang. Sejak Kamis (8/8) pagi, pengendara sudah dapat melintas dengan nyaman.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo Rudy Napitupulu mengatakan, proses rekonstruksi hanya dilakukan sehari. “Kamis pagi sudah bisa dilewati. Pengguna jalan dapat melintas di jembatan baru. Pengerjaannya hanya dilakukan Rabu malam,” ujarnya.

Rudy menjelaskan, rekonstruksi berupa penggantian aspal lama dengan aspal baru. Karena aspal sebelumnya sudah ambles dan membahayakan. Pihaknya juga melakukan expansion joint atau mengganti penghubung jembatan dengan jalan menggunakan bahan yang elastis.

Rekonstruksi ini masuk sistem long segment. Maksudnya, pelaksana ikut bertanggung jawab pada perbaikan kondisi jalan mulai dari wilayah Gempol, Kabupaten Pasuruan sampai Jalur Lingkar Utara (JLU) Kota Probolinggo. Anggaran proyek ini mencapai Rp 25 miliar.

“Mudah-mudahan dengan rekonstruksi jembatan ini, pengguna jalan bisa melintas dengan nyaman. Sebab, intensitas kendaraan cukup padat karena jalur utama Probolinggo-Malang,” ujar Rudy. (riz/fun)